hal kecil menuju hal besar

sekilas judul tulisan ini mirip dengan tulisannya bos paid review, indradiky.com. “hal kecil menuju hal besar” ini saya dapatkan dari sepupu saya yang saat ini mempersiapkan dirinya untuk job hotel bintang lima sebagai cook di Australia.

Awalnya dari si ajung, sepupu saya yang berniat mengambil job cook di sebuah resort di negara Palau. ada yang kenal negara ini..? saya sama sekali gak kenal. banyak temannya mengingatkan untuk tidak mengambil kesana sebab walaupun mereka di bayar dengan $US tapi untuk jumlah uang setara dengan bekerja di Bali dan juga waktu bekerja disana lebih banyak. sepupu saya ngotot untuk tetap berangkat. satu pertanyaan untuk sepupu saya adalah : kenapa? entengnya menjawab “hal kecil menuju hal besar”. jawaban ini seringkali ia ucapkan bila teman-teman dari restoran dulu tempat ia bekerja bertanya.

1,5 tahun berjalan, saya mendapatkan informasi dari beberapa teman kemampuan orang-orang asing yang bekerja di resort yang ada di palau diakui di australia mengingat waktu kerja yang lebih banyak bahkan bisa mencapai 12 jam sehari dan kecepatan kerja mereka layaknya bekerja di kapal pesiar.

Sepulang dari palau, ia balik ke Bali hanya untuk mempersiapkan visa nantinya digunakan untuk bekerja di Australia. selama ia berada di palau, ia juga berusaha mencari pekerjaan yang lebih baik dengan mempromosikan skill dan teknik ynag ia dapatkan di palau. Sepupu saya dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan di hotel itu dengan dibantu oleh rekomendasi dari Chef Resort di palau (kalo gak salah hotel itu Hyatt Melbourne).

sampunang setate nyingakin uli pis, cingak uli hasilne” artinya : jangan selalu melihat dari materi ( pis = uang), lihat dari hasilnya, begitu sepupu saya memberitahu suka-dukanya ia selama berada di palau. perkataan ini yang mengingatkan saya dari tulisan indradiky.

Tinggalkan Balasan

