belajar blog versi pemula

saya yakin newbie blogger diluar sana banyak yang sependapat dengan saya (kalo tidak ya gak usah menghujat deh. hehehe…) . kayaknya kita sebagai newbie masih perlu banyak belajar dari blog-blog lain, apalagi diterima oleh komunitas-komunitas di luar sana menjadi syarat penting untuk perkembangan blog anda sendiri ya khan.., buat apa punya tulisan orisinil n’ berkualitas tapi gak ada orang yang baca. Ternyata teori lebih mudah dari prakteknya sendiri. Cara-cara belajar yang saya lakukan masih sangat umum.

Saya belum banyak bisa melakukan apa yang disarankan oleh blogger-blogger kawakan jadi belum tahu hasil dari trial and error.

oya ini tehnik belajar dari newbie untuk newbie. pertama yang saya lakukan
1. ya harus punya blog dulu. sangat banyak penyedia jasa blog gratisan seperti typepad, dotclear, blogger, wordpress etc.. kalo dari saya sih memilih pake wordpress, kenapa? bukannya saya fanatik wordpress tapi baca dari saran-saran blogger yang pantas dijadikan suhu, wordpress memiliki banyak kelebihan fleksibilitas dan fungsi-fungsi didalamnya. apalagi widgetnya wow… anda bisa kembangkan saja sesuai kebutuhan anda.

2. tulisan orsinil dan bermutu sangatlah penting, tapi untuk kebanyakan newbie (saya termasuk dalam lingkaran itu) ide-ide untuk tulisan tersebut susahnya bukan main… saya lebih memilih untuk banyak berlangganan Email Feed dari blogger profesional disamping itu juga saya langganan email feed dari situs berita nantinya kita bisa menemukan banyak ide untuk tulisan ataupun review.

3. niche topik, ini kayaknya musti deh… terfokus untuk satu topik saja memudahkan anda menulis untuk blog. Saya masih ada tahapan ini. untuk info lebih banyak anda bisa menemukannya di thegadgetnet.com, blognya mas budi putra.

4. sering-sering nyambangin blog orang. tujuannya selain mengetahui apa, bagaimana owner blog tersebut menulis. sekalian aja ngasih komentar, tapi baiknya asal jangan cuap aja. tujuannya pasti… supaya orang tahu bahwa anda ada.

5. sekali lagi blog walking, tambahkan juga dengan googling.

ini hanya sebagian kecil dari banyaknya tehnik diluar sana. apa ada dari anda yang punya lebih dari ini.. kasih tau saya. salam untuk semua blogger.

Satu Tanggapan to “belajar blog versi pemula”

  1. Logicb0x Says:

    Yup, blogwalking nyari referensi dan ilmu🙂 sapa tau ada yg bisa di copas


Tinggalkan Balasan

